SATUAN ACARA PENYULUHAN
1.
Pokok bahasan : Tumbuh Kembang Anak
2.
Subpokok bahasan : -
3.
Tempat : kampus stikes lakipadada
4.
Waktu : 20 menit
5.
Hari/Tanggal : 04 agustus 2016
6.
Sasaran : anak dan ibu
7.
Penyuluh : JELITA SOMBO dan NURHALIMAH
SYALEH
8.
Tujuan :
A.
Tujuan Umum
Setelah diberikan penyuluhan selama 1x20 menit, klien
mampu mengerti dan memahami tentang masalah tumbang anak.
B.
Tujuan Khusus
Setelah diberikan penyuluhan selama 1x20 menit klien dapat:
1.
Menyebutkan pengertian
pertumbuhan dan perkembangan dengan benar.
2.
Menyebutkan 2 dari 3
tahap-tahap Pertumbuhan dan perkembangan yang dialami.
3.
Menjelaskan kembali
faktor-faktor yang mempengaruhi tumbang
4.
Menyebutkan 2 dari
setiap fase perkembangan.
5.
Metode : Ceramah, diskusi
6.
Media
: Lembar balik, leaflet
7.
Sumber :
Modul KIE untuk ibu/keluarga balita di kota Sukabumi tahun 2004.
8.
Materi :
a. Pengertian tumbuh Kembang
b. Tahap-tahap pertumbuhan dan perkembangan yang dialami
c. Faktor-faktor yang mempengaruhi tumbang
d. Fase perkembangan pada anak
9.
Kegiatan
Penyuluhan
Waktu
|
Tahap Kegiatan
|
KEGIATAN
|
|
Penyuluh
|
Sasaran
|
||
5 menit
|
Pembukaan
|
1.
Membuka acara dengan mengucapkan
salam kepada sasaran
2.
Menyampaikan topik dan tujuan
penkes kepada sasaran
3.
Kontrak waktu untuk kesepakatan
pelaksanaan penkes dengan sasaran
|
1.
Menjawab salam
2.
Mendengarkan penyuluh menyampaikan
topik dan tujuan.
3.
Menyetujui kesepakatan waktu
pelaksanaan penkes
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
1.
Mengkaji ulang pengetahuan sasaran
tentang materi penyuluhan.
2.
Menjelaskan materi penyuluhan
kepada sasaran dengan menggunakan lembar balik dan leaflet.
3.
Memberikan kesempatan kepada
sasaran untuk menanyakan hal-hal yang belum di mengerti dari meteri yang
dijelaskan penyuluh.
|
1.
Menyampaika pengetahuannya tentang
materi penyuluhan
2.
Mendengarkan penyuluh menyampaikan
materi
3.
Menanyakan hal-hal yang tidak
dimengerti dari materi penyuluhan
|
10 menit
|
Evaluasi
|
1.
Memberikan pertanyaan kepada
sasaran tentang materi yang sudah disampaikan penyuluh
2.
Menyimpulkan materi penyuluhan
yang telah disampaikan kepada sasaran
3.
Menutup acara dan mengucapkan
salam serta terima kasih kepada sasaran.
|
1.
Menjawab pertanyaan yang diajukan
penyuluh
2.
Mendengarkan penyampaian
kesimpulan
3.
Mendengarkan penyuluh menutup
acara dan menjawab salam
|
10.
Evaluasi
a.
Prosedur : Post test
b.
Bentuk
: Lisan
c.
Jenis
: Verbal
d.
Butir Pertanyaaan
1) Jelaskan Pengertian tumbuh Kembang!
2) Sebutkan 2 dari 3 Tahap-tahap pertumbuhan dan perkembangan yang dialami!
3) Jelaskan Faktor-faktor yang mempengaruhi tumbang!
4) Jelaskan 2 dari setiap Fase perkembangan pada anak!
Lampiran
Materi
KONSEP DASAR TUMBANG ANAK
1. Pengertian
Pertumbuhan dan Perkembangan
Tumbang merupakan dua proses yang saling berkaitan dan sulit untuk
dipisahkan.
a.
Pertumbuhan
Yaitu
yang berkaitan dengan masalah perubahan dalam besar jumlah, ukuran yang bisa
diukur dengan ukuran berat (gram, pounds, Kg), ukuran panjang (milimeter,
centimeter, meter). Contoh : BB, TB, PB.
b.
Perkembangan
Akibatnya kemampuan / skill/ kemampuan
dalam struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam polay / teratur.
Sebagai hasil dari proses kematangan. Pertumbuhan berdampak pada aspek fisik.
2. Tahap-tahap
Pertumbuhan dan Perkembangan Anak
1. Proses Pertumbuhan yang Dialami
Pertumbuhan
paling cepat terjadi pada masa bayi adalah sejak ia lahir sampai berumur 1
tahun. Hal ini terlihat dari pertumbuhan BB saat bayi umur 6 bulan BB nya 2x
lipat dari BB saat lahir dan usia 12 bulan BB nya + 3x lipat dari BB waktu
lahir.
2. Proses Perkembangan yang Dialami
1) Perkembangan Motorik
Perkembangan yang
berhubungan dengan kemampuan duduk, berjalan, melompat, menulis, mengambil
sesuatu.
2) Perkembangan Bahasa
Berhubungan dengan
kemampuan mendengar, mengerti dan menggunakan bahasa.
3) Perkembangan Sosial
Untuk berhubungan dengan
orang lain, contoh : bermain dengan teman.
4.
Faktor-faktor yang
Mempengaruhi Tumbang
1. Faktor Genetik
Faktor keturunan sangat
menentukan kualitas dan kuantitas pertumbuhan. Contoh : jenis kelamin, suku
bangsa.
2. Faktor Lingkungan
1.
Sebelum Hamil (Prenatal)
Gizi ibu waktu hamil, obat-obatan
yang dikonsumsi, penyakit yang diderita saat hamil, trauma (cedera) yang pernah
dialami ketika hamil, contoh : terjatuh/kecelakaan stress, pekerjaan yang
terlalu berat.
2.
Post Natal (Setelah
Lahir)
Ras, jenis kelamin,
umur, gizi, perawatan kesehatan, penyakit kronis, cuaca dan musim, sanitasi,
kebersihan rumah, stimulasi, motivasi orang tua, cara mendidik dan sosok
keluarganya.
4. Fase
Perkembangan dan Pertumbuhan Anak
a. Dari Lahir sampai 3 BulanBelajar mengangkat kepala.
1)
Belajar mengikuti objek dengan matanya.
2)
Melihat ke muka orang
dengan tersenyum.
Bereaksi terhadap
suara/bunyi.
3)
Melihat ibunya dengan
penglihatan, penciuman, pendengaran dan kontak.
4)
Menahan barang yang
dipengannya
b. Dari 3 sampai 6 Bulan
1)
Mengangkat kepala 90
derajat dan mengangkat dada dengan tangan.
2)
Mulai belajar meraih
benda-benda yang ada dalam jangkauannya atau di luar jangkauannya.
3)
Menaruh
benda-benda di mulut.
4)
Berusaha memperluas
lapangan pandangan.
5)
Tertawa dan menjerit
karena gembira bila diajak bermain.
6)
Mulai berusaha mencari
benda-benda yang hilang.
c. Dari 6 sampai 9 Bulan
1)
Dapat duduk tanpa
dibantu.
2)
Dapat tengkurep dan
berbalik sendiri.
3)
Dapat merangkak meraih
benda atau mendekati seseorang.
4)
Memindahkan benda dari
satu tangan ke tangan lain.
5)
Memegang benda kecil dengan
ibu jari dan jari telunjuk.
d.
Dari 9 sampai 12 Bulan
1)
Dapat berdiri sendiri
tanpa dibantu.
2)
Dapat berjalan dengan
dituntun.
3)
Menirukan suara.
4)
Mengulang bunyi yang
didengarnya.
5)
Belajar mengatakan satu
atau dua kata.
6)
Mengerti perintah
sederhana larangan.
e.
Dari 12 sampai 18 bulan
1)
Berjalan dan
mengeksplorasi rumah sekeliling rumah.
2)
Menyusun 2 atau 3 kotak.
3)
Dapat mengatakan 5-10
kata.
4)
Memperlihatkan rasa
cemburu dan rasa bersaing.
f.
Dari 18 sampai 24 bulan
1)
Naik turun tangga.
2)
Menyusun 6 kotak.sss
3)
Menunjuk mata dan hidungnya.
4)
Menyusun dua kata.
5)
Belajar makan sendiri.
6)
Menggambar garis di
kertas atau pasir.
g.
Dari 2 sampai 3
Tahun
1)
Belajar meloncat,
memanjat, melompat, ddengan satu kaki.
2)
Membuat jembatan dengan
3 kotak.
3)
Mampu menyusun kalimat.
4)
Mempergunakan kata-kata saya,
bertanya, mengerti kata-kata yang ditujukan kepadanya.
h.
Dari 3 sampai 4 Tahun
1) Berjalan-jalan sendiri mengunjungi tetangga.
2) Berjalan pada jari kaki.
3) Belajar berpakaian dan membuka pakaian sendiri.
4) Menggambar garis silang.
5) Menggambar orang hanya kepala dan badan.
6) Mengenal 2 atau 3 warna.
7) Bicara dengan baik.
8) Menyebut namanya, jenis kelamin dan umurnya.
9) Banyak bertanya.
i.
Dari 4 sampai 5 Tahun
1)
Melompat dan menari.
2)
Menggambar orang terdiri
dari kepala, lengan, badan.
3)
Menggambar segi tiga dan
segi empat.
4)
Pandai bicara.
5)
Dapat menghitung
jari-jarinya.
6)
Dapat menyebut hari-hari
dalam seminggu.
7)
Dapat mencuci tangan
tanpa bantuan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar